Hallo sahabat pendidikan, semoga anda dalam keadaan sehat dan sejahtera ya. Sekarang ini saya akan membahas lagi dasar – dasar yang diperlukan bagi seorang pengajar yaitu guru yang berhubungan dengan komponen yang ada di dalam pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran yang disingkat (RPP). Baiklah bagi anda seorang guru pasti sudah tidak asing lagi dengan namanya RPP. Tetapi bagi mahasiswa yang yang khusus jurusan bagian pendidikan pastinya membutuhkan kejelasan tentang topik bahasan ini. Oke tidak perlu banyak kata kita langsung masuk ke pembahasan.
A. Pengertian Pendekatan
Kegiatan yang sering kita lakukan seperti biasanya yang dilakukan dalam kehidupan sehari – hari. Ini adalah istilah pertama dulu ya. Baiklah pendekatan itu merupakan suatu jalan atau solusi tambahan agar terjadi kejelasan di dalam praktek pada langkah-langkah pembelajaran. Kita di dalam praktek mengajar nya selalu sesuai dan mengacu pada langkah-langkah dan panduan nya di RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran). Apabila komponen ADM pembelajaran kurang salah satu nya RPP ini maka, pedoman dalam mengajar tidak dapat dilaksanakan. Selanjutnya pendekatan tersebut dapat kita atur dan ditambahkan ke RPP alias memodifikasi RPP agar terlihat lebih mudah dan efektif. Saintifik terbagi atas 5M. apa itu 5M (Mengamati, Menanya, Menalar, Mencoba, dan Mengkomunikasikan).
1. Mengamati
Pentingya bagi seorang guru dalam penerapan pelaksanaan pembelajaran yang telah diberikan oleh siswa ada umpan balik nya dari mereka. kenapa begitu, karena perhatian siswa dapat mendorong tingkat kecermatan siswa di dalam belajar dengan memperhatikan siswa dapat secara langsung mengolah pola pikir sesuai dengan pelajaran yang disampaikan oleh guru ke siswa nya. sehingga siswa memiliki dan mendapati beberapa pertayaan yang belum ia pahami atau belum mengerti.
2. Menanya
Siswa yang aktif di dalam kelas dan dalam waktu pembelajaran berlangsung. apabila siswa memiliki umpan balik karena ia telah memperhatikan sajian materi yang telah disampaikan oleh guru, maka akan timbul sebuah pertanyaan. baik tentang kejelasan materi atau siswa yang belum paham terhadap materi yang telah disajikan.
3. Menalar
Siswa akan memberikan atau mengajukan pertayaan kepada guru nya seputar materi pembelajaran. sambil menanya itu siswa juga mengolah pola pikir mereka antara pertayaan dan jawaban yang diberikan oleh gurunya terhadap pertayaan siswa sebelumnya. nah disini terjadi proses penalaran/olah pikir siswa terhadap pemecahan masalah yang dicari sesuai materi yang tersedia. bukan hanya pada materi tetapi pada latihan (exercise) siswa juga melakukan pemecahan masalah/olah pikir siswa
4. Mencoba
Pada tahap ini terjadi kaitan antara menanya dan menalar. kenapa begitu sahabat pendidikan, pasti ada yang tahu atau masih binggung. jawaban nya begini menanya dan menalar merupakan jalan dan proses terjadi nya suatu kegiatan untuk mencobakan langsung pada pemecahan permasalahan materi pelajaran. disini siswa akan bertanya serta mengolah pola pikirnya atas jawaban yang harus didapat untuk memecahkan materi pelajaran. maka terjadilah proses untuk mencoba. kegiatan mencoba ini diterapkan dalam bentuk latihan, praktek di depan kelas, baik secara lisan maupun tulisan.
5. Mengkomunikasikan
Pada tahap setelah siswa melaksanakan tugas nya (latihan,praktek,dll). maka siswa akan mengungkapkan apa yang didapat oleh nya terhadap pemecahan masalah dalam pelajaran. dalam hal ini dinamakan dengan penyampaian oleh siswa secara lisan (suara/mulut). karena telah mendapati jawaban yang diinginkan nya tetapi tidak melenceng terhadap materi yang dijelaskan sebelumnya. kegiatan ini bisa dilakukan pada saat selesai penyampaian materi atau evaluasi materi pada akhir pembelajaran.
Nah point-point yang diatas telah menjelaskan tentang pendekatan saintifik. pendekatan ini menggunakan 5M (Mengamati, Menanya, Menalar, Mencoba, dan Mengkomunikasikan). dan telah dijelaskan secara rinci, apa arti sebenarnya. yang ada pada pendekatan saintifik. satu lagi hal penting pendekatan ini digunakan pada bagian komponen RPP. dengan disingkronkan pada bagian kegiatan inti pembelajaran. jadi terlihat jelas disana proses dan pendekatannya.
Sahabat pendidikan terimakasih telah membaca. Semoga pembahasan ini bisa menjadi manfaat bagi saya dan anda pembaca sekalian. Apabila ada kekurangan pada pembahasan ini bisa menjadi saran yang baik bagi saya dari pembaca sekalian.
Assalamualaikum, Warohmatullah wabarokatuh.
Source Image of Google.
0 comments:
Post a Comment