Saturday, January 6, 2018

Pendekatan dan Model Pengembangan Pada Kurikulum


Assalamualikum, Warohmatullah, wabarokatuh.

Hallo sahabat pendidikan, selamat malam semuanya. Pada malam ini saya barlanjut lagi dengan materi pembahasan mengenai kurikulum. Sama hal nya pada postingan sebelumnya tetapi saat ini kita akan bahas tentang pendekatan dan model pengembangan pada kurikulum itu. Oke sahabat kita langsung saja pada pokok pembahasan. Bissmilla hirohman nirohhim.


1. Pendekatan

Ada dua pendekatan yang dapat diterapkan dalam pengembangan kurikulum, yaitu Pendekatan Administratif (administratife approach) dan pendekatan akar rumput (grassroots approach). Pendekatan pertama yaitu pendekatan pengembangan kurikulum dengan sistem komando dari atas ke bawah (top – down). Sedangkan pendekatan kedua yaitu pengembangan kurikulum yang diawali olehinisiatif dari bawah lalu diperluas pada tingkat yang lebih luas, sering juga dinamakan pendekatan pengembangan kurikulum dari bawah ke atas (bottom up).

A. Pendekatan Administratif (administratife approach)

Pendekatan ini disebut dengan pendekatan (top – down) karena pengembangan kurikulum muncul atas inisiatif para pejabat pendidikan atau dari pejabat/pemegang, seperti kebijakan pendidikan, mentri pendidikan, dirjen dikdasmen, atau kepala dinas pendidikan.selanjutnya menggunakan macam garis komando pengembangan kurikulum.

B. Pendekatan Akar Rumput (grassroots approach)

Di negara – negara yang menerapkan sistem pendidikan yang desentralistik pengembangan pendekatan grassroots ini sangat mungkin umum terjadi, sebab kebijakan pendidikan tidak lagi diatur oleh pusat secara sentralisasi. Akan tetapi ditentukan oleh daerah (Distrik) bahkan oleh sekolah dan guru masih yang masih berkenan dengan pendekatan kurikulum.

1.b. Pendekatan Mata Pelajaran

Pendekatan ini bertitik tolak dari mata pelajaran (Subjeck Matter) sebagai suatu disiplin ilmu. Setiap mata pelajaran merupakan suatu disiplin ilmu yang terpisah antara satu dan yang laiinya. Mata pelajaran selalu dikaitkan dengan materi – materi yang berkenaan dan tepat sasaran pada bahasannya.

2.b Pendekatan Interdislipiner

Untuk mempelajari suatu disiplin ilmu yang telah tersusun secara sistematis dan logis diperlukan kematangan intelektual tertentu, dimana siswa/peserta didik sekolah dasar tampaknya belum sepenuhnya memiliki kematangan tersebut. Kematangan disini merupakan aspek dari emosional, pola pikir, dan daya kritis yang baik. Berdasarkan pertimbangan sebaiknya kurikulum sekolah dasar tidak disusun berdasarkan mata pelajaran yang terpisah, melainkan sejumlah mata pelajaran yang memiliki ciri-ciri yang sama dipadukan menjadi suatu bidang (Broadfield). Pendekatan seperti itu, disebut dengan pendekatan interdisipliner.

3.c Pendekatan Integratif

Pendekatan ini bertitik tolak dari suatu keseluruhan atau satu kesatuan yang bermakna dan berstruktur. Bermakna artinya bahwa setiap keseluruhan itu memiliki makna atau arti dan faedah tertentu.

2. Model Pengembangan Kurikulum (Menurut Para Ahli)

a. Model Pengembangan Kurikulum dari (Ralp W. Tyler)

Model Tyler menekankan pada bagaimana merancang suatu kurikulum sesuaikan dengan tujuan dan misi suatu institusi pendidikan.

b. Model Pengembangan Kurikulum dari (Hilda Taba)

Model taba lebih menitikberatkan pada bagaimana mengembangkan kurikulum sebagai suatu proses perbaikan dan penyempurnaan kurikulum.

c. Model Pengembangan Kurikulum dari (Oliva)

Menurut Oliva suatu model kurikulum harus bersifat sederhana, Komprehensif, dan sistematik

d. Model Pengembangan Kurikulum dari (Beauchamp)

Menurutnya pengembangan kurikulum terdiri atas beberapa point.


  • Penetapan area perubahan kurikulum
  • Penetapan pihak-pihak yang akan terlibat dalam proses pengembangan kurikulum
  • Penetapan prosedur yang ditempuh
  • Implementasi kurikulum
  • Pelaksanaan evaluasi kurikulum

Nah itulah beberapa point-point penting pada pembahasan malam ini ya sahabat pendidikan semoga bermanfaat.Terimakasih telah membaca. Semoga pembahasan ini bisa menjadi manfaat bagi saya dan anda pembaca sekalian. Apabila ada kekurangan pada pembahasan ini bisa menjadi saran yang baik bagi saya dari pembaca sekalian.

Assalamualaikum, Warohmatullah wabarokatuh.

Source image of /2018/01/pendekatan-dan-model-pengembangan-pada.html

Pendekatan dan Model Pengembangan Pada Kurikulum Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment