Hallo sahabat pendidikan, salam sejahtera semuanya. Semoga pada hari ini kita masih diberikan kesehatan sehat wal afiat. Aminn. Kembali saya membahkan lagi materi pembahasan mengenai kurikulum. Sama hal nya pada postingan sebelumnya tetapi saat ini saya akan bahas tentang Prinsip-Prinsip Pengembangan pada kurikulum itu.
Oke sahabat kita langsung saja pada pokok pembahasan. Membaca diawali dengan membaca bissmilahirohman nirohim.
Prinsip – Prinsip Pengembangan Kurikulum
Ada beberapa prinsip yang ummya digunakan dalam pengembangan kurikulum, antara lain prinsip berorientasi pada tujuan, kontiniutas, fleksibilitas, dan integritas.
A. Prinsip Berorientasi pada tujuan
Kurikulum sebagai suatu sistem memiliki komponen tujuan, materi, metode, evaluasi. Komponen tujuan merupakan fokus bagi komponen – komponen laiinya dalam pengembangan sistem tersebut. berarti pengembangan kurikulum harus berorientasi pada tujuan. Tujuan kurikulum harus komprehensif, yakni meliputi berbagai aspek domain tujuan, baik kognitif, afektif dan psikomotor.
B. Prinsip Kontinuitas
Prinsip kontinuitas dimadsudkan bahwa perlu ada kesinambungan. Khususnya kesinambungan bahan atau materi kurikulum pada jenis dan jenjang program pendidikan. Materi kurikulum harus memiliki hubungan hierarkis fungsional. Untuk itu dalam pengembangan materi kurikulum harus diperhatikan minimal dua aspek kesinambungan, yaitu :
- Materi kurikulum yang diperlukan pada sekolah tingkat yang ada di atasnya harus sudah diberikan pada sekolah tingkat yang ada di bawahnya.
- Materi yang sudah diajarkan atau diberikan pada sekolah tingkat kontinuitas atas kesinambungan juga perlu diperhatikan antara berbagai mata pelajarannya.
C. Prinsip Fleksibilitas
Flesibilitas sebagai salah satu prinsip pengembang kurikulum, madsudnya adanya ruang gerak yang memberikan kelonggaran dalam melakukan atau mengambil keputusan tentang suatu kegiatan yang akan dilaksanakan oleh pelaksana kurikulum di lapangan. Prinsip fleksibilitas juga terkait dengan adanya kebebasan dalam memilih program studi yang dipilih.
D. Prinsip Integritas
Yang dimadsud disini adalah keterpaduan, artinya, pengembangan kurikulum harus dilakukan dengan menggunakan prinsip keterpaduan, prinsip integritas berkenaan dengan kurikulum yang harus mampu untuk membentuk manusia yang utuh. Untuk membentuk manusia yang utuh kurikulum diharapkan dapat mengembangkan keterampilan hidup (Live Skils) yang meliputi sebagai berikut:
- Keterampilan mengenal hidup (Self ).
- Keterampilan berpikiran rasional.
- Keterampilan sosial dan keterampilan akademik.
- Keterampilan vokasional.
Terimakasih telah membaca. Semoga pembahasan ini bisa menjadi manfaat bagi saya dan anda pembaca sekalian. Apabila ada kekurangan pada pembahasan ini bisa menjadi saran yang baik bagi saya dari pembaca sekalian.
Assalamualaikum, Warohmatullah wabarokatuh.
Source image of www.2.bp.blogspot.com
0 comments:
Post a Comment