Wednesday, May 9, 2018

Fokus Penilaian Karakter Anak

Assalamualaikum, Warohmatullah Wabarokatuh

Hallo sahabat pendidikan, kembali kita berjumpa lagi dan semoga bapak dan ibu semuanya sehat wal afiat. Baiklah pada kali ini saya ingin share post tentang Fokus Penilaian Karakter Anak

Ada beberapa karakter yang dimiliki oleh anak seperti pemberani, rasa ingin tahu, pemalu, pendiam, penyendiri, pengganggu, lincah dan banyak laiinya. Hal ini dapat terlihat dan terjadi baik di rumah maupun disekolah dan bahkan dapat di buktikan di lingkungan bermainnya.

Saya sebagai guru kelas tiga telah banyak dan memperhatikan satu demi satu siswa – siswa saya yang memiliki banyak karakter. Oleh karena itu kita sebagai orang tua ataupun guru dari muridnya saat ini harus bisa kita mulai mencari jalan keluar dan keputusan terbaik untuk menindaklanjuti siswa banyak karakter ini saat dikelas.

Saya telah banyak mendapati mempraktekkan langsung penilaian dan pendidikan karakter ini melalui pengajaran di dalam kelas. Dan alhasil menurut saya sangat susah dan rumit apabila kita mengajarkan anak didik dengan metode yang biasa-biasa saja atau bahasa keren nya (Konvensional). Kebijakan guru adalah prioritas utama yang harus dilaksanakan dalam metoda atau model pembelajaran baik dan efektif dalam melakukan penilaian karakter.

Contoh yang saya dapat disarankan oleh pembaca semua adalah melalui penilaian pendidikan terhadap mata pelajaran tertentu. Misalnya bahasa indonesia KD(.) sopan santun ketika hendak pergi kesekolah maupun di luar rumah. Indikatornya(.) memperagakan tata cara menyapa dan bersalaman dengan orang tua atau guru. Indikator(..) memperagakan sambil berbicara sopan santun terhadap orang tua atau guru. Nah dari KD bahasa indonesia tersebut bisa kita ambil cara penilaian sikap dari seorang murid, yaa sikap apa? Tentu sikap berbicara dan nilai keterampiran gerak tubuh (Penilaian Psikomotor) selain untuk pembelajaran, hal ini juga dapat menjadi PR siswa di rumah agar selalu dapat dilakukan siswa dengan orang tua dengan baik dan benar.

Selama kegiatan ini dilakukan oleh siswa, guru dapat menjadi kan ini sebagai penilaian sehari-hari sehingga akan terbiasakan oleh siswa dan tujuan nya menjadi tercapai sesuai untuk penilaian sikap begitu juga dengan psikomotornya yang menggerakkan tangan dan menyalami orang tua maupun guru dengan benar.

Jadi kesimpulannya terdapat 2 penilaian yang dapat diambil disini. Yaitu adalah sikap dan psikomotor. Ada yang tertinggal sahabat pendidikan? O ya pasti ada yaitu adalah penilaian pengetahuan. Pada KD yang diatas siswa akan meneksplore bagaimana tata cara atau tahap tahap saat melakukan hal tersebut tentunya dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar serta bagaimana suara nya dalam menyampaikan salam, lantang kah? Atau dengan lemah lembut.

So.. disini siswa bisa memikirkan dan memecahakan hal tersebut agar kegiatan tersebut terlaksanakan sesuai dengan keinginan siswa. Untuk konfirmasi atau hasil pembelajaran tersebut siswa akan mengungkapkan kesalahan atau ketidaktahuan selama ini tata cara memperagakan sopan santun pergi sekolah maupun di luar rumah.

Nah baiklah sahabat pendidikan semuanya, Pembahasan diatas telah menjelaskan kita semua untuk bisa cermat dalam penilaian segi aspek sikap,pengetahuan, dan psikomotor. Semoga pembahasan pelajaran diatas dapat menambah pengetahuan kita semua, Aminn ya robbal alamin.

Assalamualaikum, Warohmatullah wabarokatuh.

Fokus Penilaian Karakter Anak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment