Assalamualaikum, Warohmatullah Wabarokatuh
Hallo sahabat pendidikan, kembali kita berjumpa lagi dan semoga bapak dan
ibu semuanya sehat wal afiat. Baiklah pada kali ini saya ingin share post
tentang Fokus Penilaian Karakter Anak
Ada beberapa karakter yang dimiliki oleh anak seperti pemberani, rasa ingin
tahu, pemalu, pendiam, penyendiri, pengganggu, lincah dan banyak laiinya.
Hal ini dapat terlihat dan terjadi baik di rumah maupun disekolah dan
bahkan dapat di buktikan di lingkungan bermainnya.
Saya sebagai guru kelas
tiga telah banyak dan memperhatikan satu demi satu siswa – siswa saya yang
memiliki banyak karakter. Oleh karena itu kita sebagai orang tua ataupun
guru dari muridnya saat ini harus bisa kita mulai mencari jalan keluar dan
keputusan terbaik untuk menindaklanjuti siswa banyak karakter ini saat
dikelas.
Saya telah banyak mendapati mempraktekkan langsung penilaian dan pendidikan
karakter ini melalui pengajaran di dalam kelas. Dan alhasil menurut saya
sangat susah dan rumit apabila kita mengajarkan anak didik dengan metode
yang biasa-biasa saja atau bahasa keren nya (Konvensional). Kebijakan guru
adalah prioritas utama yang harus dilaksanakan dalam metoda atau model
pembelajaran baik dan efektif dalam melakukan penilaian karakter.
Contoh yang saya dapat disarankan oleh pembaca semua adalah melalui
penilaian pendidikan terhadap mata pelajaran tertentu. Misalnya bahasa
indonesia KD(.) sopan santun ketika hendak pergi kesekolah maupun di luar
rumah. Indikatornya(.) memperagakan tata cara menyapa dan bersalaman dengan
orang tua atau guru. Indikator(..) memperagakan sambil berbicara sopan
santun terhadap orang tua atau guru. Nah dari KD bahasa indonesia tersebut
bisa kita ambil cara penilaian sikap dari seorang murid, yaa sikap apa?
Tentu sikap berbicara dan nilai keterampiran gerak tubuh (Penilaian
Psikomotor) selain untuk pembelajaran, hal ini juga dapat menjadi PR siswa
di rumah agar selalu dapat dilakukan siswa dengan orang tua dengan baik dan
benar.
Selama kegiatan ini dilakukan oleh siswa, guru dapat menjadi kan ini
sebagai penilaian sehari-hari sehingga akan terbiasakan oleh siswa dan
tujuan nya menjadi tercapai sesuai untuk penilaian sikap begitu juga dengan
psikomotornya yang menggerakkan tangan dan menyalami orang tua maupun guru
dengan benar.
Jadi kesimpulannya terdapat 2 penilaian yang dapat diambil disini. Yaitu
adalah sikap dan psikomotor. Ada yang tertinggal sahabat pendidikan? O ya
pasti ada yaitu adalah penilaian pengetahuan. Pada KD yang diatas siswa
akan meneksplore bagaimana tata cara atau tahap tahap saat melakukan hal
tersebut tentunya dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar serta
bagaimana suara nya dalam menyampaikan salam, lantang kah? Atau dengan
lemah lembut.
So.. disini siswa bisa memikirkan dan memecahakan hal
tersebut agar kegiatan tersebut terlaksanakan sesuai dengan keinginan
siswa. Untuk konfirmasi atau hasil pembelajaran tersebut siswa akan
mengungkapkan kesalahan atau ketidaktahuan selama ini tata cara
memperagakan sopan santun pergi sekolah maupun di luar rumah.
Nah baiklah sahabat pendidikan semuanya, Pembahasan diatas telah
menjelaskan kita semua untuk bisa cermat dalam penilaian segi aspek
sikap,pengetahuan, dan psikomotor. Semoga pembahasan pelajaran diatas dapat
menambah pengetahuan kita semua, Aminn ya robbal alamin.
Assalamualaikum, Warohmatullah wabarokatuh.
0 comments:
Post a Comment